Minggu, 27 April 2014

Steins;Gate dan Teori Mesin Waktu

Steins;Gate adalah sebuah anime science fiction dan misteri yang berpusat pada paradoks waktu dan time travel. Anime ini diangkat dari sebuah visual novel berjudul sama.

Sinopsis Steins:Gate

Cerita Steins;Gate bermula ketika ilmuwan gila. Okabe Rintaro, mengirimkan pesan singkat mengenai kematian Kurisu ke temannya, Daru. Pada saat itu HP Daru terpasang di microwave yang diciptakan oleh Okabe. Microwave tersebut adalah mesin waktu tetapi hanya dapat mengantarkan benda benda kecil ataupun sinyal berupa kode SMS menuju ke MASA LALU. Walau begitu, masa lalu akan berubah yang berarti masa kini juga berubah. Setelah pesan tersebut dikirim, Kurisu kembali HIDUP !!

Makise Kurisu yang ditemukan kembali hidup

Teori mesin waktu yang terdapat dalam Steins;Gate mengacu kepada pengakuan penjelajah waktu John Titor pada tahun 2000. Konsepnya adalah jika kita pindah ke masa lalu itu berarti kita pindah ke world line lain. Apapun yang kita lakukan di world line tersebut takkan berpengaruh ke world line asal kita.

Umumnya orang ketika berpindah world line, akan kehilangan ingatan mengenai world line sebelumnya dan bersatu dengan dirinya yang berasal dari world line tersebut. Namun, Okabe mempunyai kemampuan Reading Steiner yang mampu mempertahankan ingatannya saat berpindah world line. Berkat itu, Okabe bisa saja menguasai dunia dengan seenaknya mengubah masa lalu dan berpindah-pindah world line. Namun, ia diburu oleh SERN dan harus kehilangan teman masa kecilnya.

Semakin banyak mengubah masa lalu, semakin cepat temannya akan mati. Kurisu yang ilmuwan sejati berhasil menemukan mesin waktu dengan mentransfer ingatan seseorang ke masa lalu pada world line yang sama. Namun, selama di world line yang sama, berapa kalipun Okabe kembali masa lalu, temannya tidak bisa diselamatkan. Kematian yang menimpanya bermacam-macam. Tapi satu hal yang pasti, temannya Mayuri pasti MATI.

Mayuri yang disaksikan mati oleh Okabe

Jalan keluar didapat dari John Titor pada serial ini atau pada world line ini. Dengan undo semua kegiatan pengubahan masa lalu dengan kembali ke world line awal sebelum dia mulai melakukan perpindahan, temannya bisa diselamatkan. Dilema muncul ketika di world line awal, kenyataanya Kurisu-lah yang mati. Akhirnya Okabe merelakan Kurisu yang sedari awal memang sudah mati. Tapi ada trik lain. Dengan memalsukan kematian Kurisu. Dengan membohongi Okabe di masa lalu bahwa Kurisu sudah mati. Ia bisa mengubah masa depan tanpa memunculkan time paradox. Secara tidak langsung proses ini mengantarkan Okabe menuju world line bernama STEINS;GATE.

Mad Geodet dan Steins;Gate

Cerita Steins;Gate sangat menarik bagi Mad Geodet. Walau hanya terdiri dari 24 episode, anime ini merupakan anime favorit kedua setelah One Piece yang episodenya ratusan dan cerita yang epic. Anime anime lain dengan episode puluhan bahkan ratusan kalah dari segi cerita dan lainnya oleh Steins;Gate. Penempatan alur pada cerita Steins;Gate sangat bagus ditambah bumbu humor dan cinta di setiap aksi gila Okabe.


Alasan lain kenapa Mad Geodet sangat tertatik denga Steins;Gate adalah karena baik Mad Geodet maupun tokoh utama Steins;Gate sama-sama mengidap Chuunibyou. Nama Chuunibyou dari Okabe adalah Hououin Kyouma. Walau begitu, Okabe ini orang yang protektif dan gak rela temannya mati ataupun terluka. Adegan yang menyentuh saat Okabe berulang kali kembali ke masa lalu, yang awalnya untuk menghindarkan kematian Mayuri, tapi malah melihat kematian Mayuri berkali-kali. Okabe juga rela melukai (dengan parah) dirinya sendiri untuk memalsukan kematian Kurisu agar tidak mengubah sejarah di akhir cerita.

Alur cerita di Steins Gate

Steins;Gate juga termasuk visual novel pertama yang dimainkan Mad Geodet disamping Steins;Gate merupakan salah satu anime yang membuat Mad Geodet sangat suka anime. Steins;Gate ditonton oleh Mad Geodet pada dua fase yang berbeda yaitu fase sebagai siswa SMA dan fase saat menjadi mahasiswa ITB. Hal ini disebabkan Steins;Gate ditayangkan mulai Spring 2011 atau tahun kelulusan Mad Geodet.

Teori Perjalanan Waktu
  • Neutron star theory 
    Sebuah bintang neutron adalah jenis sisa-sisa bintang yang dapat hasil dari keruntuhan gravitasi dari sebuah bintang masif. Bintang-bintang ini memiliki massa yang berkisar 449,482-665,900 kali massa bumi dalam diameter 12 Km. Itu berarti mereka memiliki kepadatan yang sangat tinggi, sehingga gravitasi sangat tinggi (7 × 1012 m/s2, bumi adalah 9,81 m/s2).  Adapun gravitasi dilatasi waktu, waktu akan berlalu 30% lebih lambat pada permukaan seperti bintang, yang berarti bahwa jika seseorang bisa melakukan perjalanan ke bintang tersebut dan menahan gravitasi ini, mereka akan memiliki cara untuk "perjalanan" ke masa depan. Teori ini hanya berfungsi untuk perjalanan waktu ke masa depan, ke masa lalu tidak akan mungkin.

  • Black hole theory 
    Lubang hitam adalah salah satu sumber daya yang paling banyak digunakan dalam novel perjalanan waktu, di samping lubang cacing. Teori lubang hitam Kerr - adalah hasil dari perhitungan Roy Kerr untuk relativitas. Sebuah lubang Kerr - hitam adalah singularitas yang memiliki massa dan momentum sudut, tetapi tidak memiliki muatan listrik. Lubang ini berputar di sekitar poros tengah dan memiliki dua horizon peristiwa, yang mengandung singularitas cincin. Di dalam masing-masing dua horizon peristiwa, waktu dan ruang dibalik sehingga dalam lubang hitam Kerr - swapping ini terjadi dua kali. Secara teori, itu mungkin untuk menghindari singularitas cincin terbentuk , meskipun tidak dengan cara yang sama yang Anda masukkan itu, atau hanya menghindari itu. Crossing singularitas akan membuat Anda berakhir di " ruang negatif " (definisi ini masih belum jelas). Menghindari hal itu akan menyebabkan Anda kembali ke masa lalu saat Anda melintasi cakrawala peristiwa pertama. 



  • Light Speed theory
    Makin cepat manusia bergerak, makin lambat waktu manusia tersebut. Kalau manusia bergerak secepat kecepatan cahaya, waktu manusia berhenti. Kalau manusia bergerak lebih cepat dari kecepatan cahaya, waktu manusia mundur, dan manusia akan kembali ke masa lalu. Kalau manusia bergerak dengan kecepatan yang cukup bermakna dibandingkan dengan kecepatan cahaya maka transformasi Lorentz juga jadi bermakna, dan masa manusia tersebut akan membesar. Kalau anda bergerak secepat kecepatan cahaya, masa manusia menjadi tak berhingga. Kesimpulannya, kecepatan sama dengan kecepatan cahaya tidak mungkin dicapai oleh materi. Hanya photon yang bisa bergerak secepat kecepatan cahaya, itupun dalam vakum.


  • Tachyon theory

    Tachyons biasanya dianggap sebagai partikel yang merupakan solusi dari persamaan Einstein di mana energi negatif. Namun, relativitas khusus dengan sendirinya tidak termasuk memprediksi keberadaan partikel. Untuk ini, Anda perlu melihat teori medan kuantum atau teori string karena keduanya menggabungkan persamaan relativitas khusus. Dalam pengertian ini, tachyons adalah artefak, tetapi fisikawan umumnya tidak menerima teori-teori yang mencakup tachyons.


    Tachyon


    Karena tachyons bergerak lebih cepat dari cahaya maka Anda dapat selalu mengubah ke yang berbeda inersia koordinat kerangka sehingga mereka melakukan perjalanan mundur dalam waktu (atau instan) sesuai dengan kerangka.

  • Wormhole theory
    Lubang cacing adalah jalan pintas melalui ruang dan waktu. Hingga sekarang masih belum diketahui apakah lubang cacing terbentuk secara alami. Jika lubang cacing benar ada, untuk membuat lubang cacing tetap terbuka, sejenis materi akan dibutuhkan. Jika tidak, lubang cacing akan hilang dengan sangat cepat setelah terbentuk. Jika digambarkan melalui bidang datar, seperti kertas yang dilipat, lubang cacing membengkokan bidang tersebut, sehingga kedua ujung akan saling bertemu

    Penjelasan teori lubang cacing oleh Makise Kurisu :
    "Jika Anda menstabilkan lubang cacing dengan injeksi exotic matter, teleportasi menjadi mungkin. Sebagai contoh, katakanlah ada pintu masuk wormhole di sini di Akihabara, dan pintu keluar di LA. Sekarang bayangkan lubang di LA pergi semua jalan ke ujung alam semesta dengan kecepatan mendekati cahaya. Dan setelah mencapai akhir, segera menarik kembali ke LA. Menurut teori relativitas, waktu melambat untuk benda bergerak dengan kecepatan cahaya. Artinya lubang yang kembali ke LA akan lebih jauh di masa lalu daripada yang ada di Akihabara. Dan dengan kondisi tersebut, Hououin-san bisa masuk lubang cacing dan tiba di LA beberapa tahun yang lalu. Namun, hal ini belum dapat disebut benar 'waktu tempuh'. Hanya perjalanan semu atau disebut efek Urashima.. Bagian yang penting adalah untuk kembali ke Akihabara dari LA melalui lubang cacing sekali lagi. Setelah melakukan itu, waktu transit menjadi nol, dan Hououin - san akan kembali ke Akihabara beberapa tahun yang lalu. Waktu selesai perjalanan. Prasyarat untuk teori lubang cacing lebih sederhana dari yang untuk string theory kosmik. Pertama : lubang cacing itu sendiri. Mereka mungkin ada di suatu tempat di alam semesta , namun tak seorang pun pernah melihat satu. Kedua : Energi yang dibutuhkan untuk memindahkan lubang cacing ke ujung alam semesta dan kecepatan kembali mendekati cahaya. Ketiga : materi Exotic belum dikonfirmasi ada"


  • Exotic matter theory

    Kita tidak tahu apakah hukum fisika memungkinkan lubang cacing. Kita tahu, bagaimanapun, bahwa lubang cacing akan meledak sangat cepat sehingga tidak ada yang bisa melintasi itu, kecuali diadakan oleh pasukan gravitasi yang hanya dapat diproduksi oleh exotic matter. Dengan kalimat "exotic matter" Maksudku materi yang memiliki energi negatif dan karena itu anti-gravitates, yaitu repels.

    Hukum fisika kuantum yang memungkinkan exotic matter dibuat di laboratorium dalam jumlah yang sangat kecil: disebut Casimir vakum antara dua plat listrik dan dalam apa yang disebut vakum meremas yang dihasilkan oleh fisikawan optik menggunakan kristal nonlinier.

    Kunci untuk energi negatif ini adalah kenyataan bahwa ruang kosong (vakum) diisi dengan fluktuasi kecil dari segala macam materi dan bidang yang ada di alam semesta. Tidak mungkin untuk membuat fluktuasi ini pergi. Mereka adalah konsekuensi dari prinsip ketidakpastian kuantum mekanik: jika, pada satu saat waktu, tidak ada fluktuasi sama sekali dari (misalnya) medan elektromagnetik, maka laju perubahan fluktuasi harus jauh besar dan sesaat kemudian fluktuasi akan sangat luar biasa. Produk dari kekuatan fluktuasi dan besarnya tingkat perubahan mereka selalu lebih besar dari batas tertentu, yang diberikan oleh prinsip ketidakpastian. Akibatnya, fluktuasi selalu hadir. Kami menyebutnya fluktuasi vakum karena mereka adalah milik vakum, yaitu ruang yang kosong.

    The Casimir Vacuum: Ketika dua plat listrik dari ditempatkan sangat dekat bersama-sama, vakum fluctuational sejajar medan listrik untuk pelat sangat ditekan sementara yang tegak lurus terhadap pelat sedikit terpengaruh. Penindasan mengurangi energi fluctuational antara pelat bawah apa yang akan di ruang pelat bebas kosong, sehingga vakum antara pelat (vakum Casimir) memperoleh energi gravitasi negatif.

    Wormhole dihasilkan oleh Casimir Vacuum: Dua konsentris bulat piring budidaya ditempatkan di leher lubang cacing, dengan pemisahan kecil. (Satu dimensi ditekan sini, jadi alam semesta kita adalah lembaran 2 dimensi dan piring terlihat seperti lingkaran daripada bola.) Jika energi piring '(termasuk massa mereka energi E = mc2) cukup kecil, maka gravitasi terbentuk karena untuk vakum Casimir antara pelat dapat menahan wormhole terbuka.

    Hukum-hukum fisika kuantum mengatakan bahwa fluktuasi vakum tidak menghasilkan gravitasi - atau mungkin hanya jumlah yang sangat kecil gravitasi: gravitasi yang mempercepat perluasan alam semesta. Dengan kata lain fluktuasi vakum mungkin bertanggung jawab untuk apa yang disebut energi gelap kosmologis. Tapi itu energi gelap sangat kecil (10-121 dalam jumlah berdimensi) yang tidak relevan untuk pembahasan saya tentang mesin waktu; jadi saya akan mengatakan bahwa fluktuasi kuantum gravitasi tidak menghasilkan sama sekali.

    Atau, lebih tepatnya, mereka tidak menghasilkan gravitasi dalam keadaan normal. Seseorang dapat menemukan cara-cara, pada kenyataannya, untuk membuat satu wilayah ruang kosong meminjamkan beberapa fluktuasi vakum untuk sebuah wilayah yang berdekatan. (Ini adalah apa fisikawan eksperimental dilakukan dengan vakum Casimir dan dengan vakum diperas.) Ketika ini terjadi, kawasan pinjaman yang tersisa dengan jumlah negatif dari gravitasi energi, dan wilayah pinjaman akan positif gravitasi energi. Hukum kuantum menempatkan kendala ketat pada jumlah energi fluctuational yang dapat dipinjamkan. Semakin besar ukuran wilayah pinjaman, semakin sedikit energi yang dapat pinjaman dan karena itu kurang negatif energi bisa menjadi. Hal ini berlaku dalam vakum Casimir, dalam vakum diperas, dan di semua varian lain dari materi eksotis. Hukum fisika mendikte itu.

  • Cosmic String theory
    Teori string memprediksi bahwa alam semesta mungkin menempati salah satu “lembah” sembarang dari pilihan lembah tak terhingga di sebuah pemandangan kemungkinan yang luas. Pemandangan teoritis yang didiami sederetan kemungkinan alam semesta tak terhitung diprediksikan oleh teori string. Pemandangan itu memiliki barangkali 10500 lembah, yang masing-masingnya dapat disamakan dengan set hukum fisika yang mungkin beroperasi di gelembung ruang yang luas. Alam semesta tampak kita mungkin adalah sebuah kawasan relatif kecil di dalam gelembung semacam itu.Menurut teori relativitas umum Albert Einstein, gravitasi timbul dari geometri ruang dan waktu, yang berkombinasi membentuk ruang waktu. Benda masif apapun meninggalkan jejak pada bentuk ruangwaktu, diatur oleh persamaan Einstein yang dirumuskan pada 1915. Massa Bumi, misalnya, membuat waktu berjalan sedikit lebih cepat bagi apel di dekat puncak pohon dibanding bagi fisikawan yang bekerja di bawah naungan pohon tersebut. Ketika apel jatuh, ia sesungguhnya sedang merespon pelengkungan waktu ini. Lengkungan ruang waktu menjaga bumi tetap di orbitnya di sekeliling matahari dan mendorong galaksi jauh semakin jauh lagi. Ide mengejutkan dan menawan ini telah dikonfirmasi oleh banyak eksperimen secara presisi.

    Menurut teori string, hukum fisika yang kita lihat sedang beroperasi di dunia tergantung pada bagaimana dimensi ruang tambahan tergulung menjadi bundel kecil. Sebuah peta berisi semua kemungkinan konfigurasi dimensi tambahan menghasilkan “pemandangan” di mana tiap lembah dapat disamakan dengan set hukum stabil. Keseluruhan visible universe eksis di kawasan ruang yang diasosiasikan dengan salah satu lembah pemandangan tersebut yang kebetulan menghasilkan hukum fisika yang cocok untuk evolusi kehidupan.


    Cosmic String
    Penjelasan teori kosmik string oleh Makise Kurisu :
    " Menerapkan ini, setelah string kosmik bergerak mendekati kecepatan cahaya, menurut teori relativitas, waktu akan mengalir lebih lambat untuk string kosmik dalam hubungannya dengan lingkungannya Oleh karena itu, melewati daerah defisit sudut akan menyebabkan waktu transit yang nol menjadi negatif. Dengan kata lain, itu akan menjadi 'masa lalu ' setelah perjalanan . Jadi , jika Anda menggunakan dua string kosmik , Anda dapat melakukan lompatan ruang defisit. Jika Anda berputar kembali ke lokasi semula , Anda dapat kembali ke yang sama kali Anda mulai bergulir . Dan itu adalah waktu tempuh dengan cara string theory kosmik. Omong-omong , jadi tidak ada yang salah memahami, string theory kosmik berbeda dari teori superstring. Dengan keluar dari jalan, Anda memerlukan tiga hal dalam rangka melakukan perjalanan ke masa lalu dengan string theory kosmik. Pertama : Strings Cosmic. Mereka yang diduga hanya ada di mana alam semesta pertama kali terbentuk, sehingga mereka mungkin sedikit sulit untuk ditemukan. Kedua : Bahkan jika Anda menemukan string, Anda perlu energi untuk membuat mereka bergerak dengan kecepatan mendekati cahaya. Hanya berapa banyak energi yang Anda pikir Anda akan perlu untuk mempercepat sesuatu asalkan Bima Sakti dengan kecepatan mendekati cahaya? Ketiga : sebuah kapal ruang angkasa dapat pergi semua jalan ke string kosmik."

  • Quantum Gravity theory
    Hukum fisika memungkinkan bagian dari peradaban sangat maju untuk melakukan perjalanan ke masa depan secepat mereka mungkin ingin. Perjalanan ke masa lalu itu adalah masalah lain; kita tidak tahu apakah itu diperbolehkan oleh hukum fisika, dan jawabannya kemungkinan dikontrol oleh seperangkat hukum-hukum fisika yang kita belum mengerti sama sekali baik: hukum gaya berat kuantum. Agar manusia untuk melakukan perjalanan ke depan dalam waktu yang sangat cepat, atau ke belakang (jika diizinkan sama sekali), kita akan membutuhkan teknologi yang jauh jauh melampaui apa pun yang kita mampu hari ini.


    Teori gravitasi kuantum menggunakan lompatan Quantum dalam penggunaan "keadaan diam" di mana tidak ada gerakan ini dimungkinkan karena kepadatan.

    Contoh lain adalah bukti dengan Hawking bahwa untuk membuat mesin waktu, tidak peduli bagaimana orang pergi tentang hal itu, seseorang harus menggunakan materi eksotis - peduli dengan energi negatif - sebagai bagian integral dari perangkat; lubang cacing menggambarkan hal ini, tapi itu benar pada umumnya. Dan contoh ketiga adalah bukti oleh Kay, Radzikovsky dan Wald bahwa hukum-hukum fisika seperti yang kita ketahui mereka akan memecah setiap kali mesin waktu diaktifkan, tidak peduli bagaimana seseorang desain mesin. Sekali lagi lubang cacing hanya salah satu contoh. Hawking teorema, dan bahwa Kay, Radzikovsky dan Wald, memberitahu kita bahwa nasib semua mesin waktu diadakan erat dalam cengkeraman hukum gravitasi kuantum



  • Cesium Laser theory
    Salah satu hukum yang paling suci dalam fisika adalah bahwa tidak ada yang dapat melakukan perjalanan lebih cepat dari kecepatan cahaya dalam ruang hampa . Tapi batas kecepatan ini telah hancur dalam percobaan baru-baru ini di mana pulsa laser perjalanan di lebih dari 300 kali kecepatan cahaya. Namun, hukum fisika tetap utuh karena Lijun Wang dan rekan-rekannya di NEC Research Institute di Princeton di AS mampu menjelaskan hasil percobaan mereka dalam hal teori klasik propagasi gelombang .

    Relativitas khusus mencegah objek apapun dengan massa bepergian dengan kecepatan cahaya, dan prinsip kausalitas - gagasan bahwa penyebabnya datang sebelum efek - digunakan untuk menyingkirkan kemungkinan superluminal (lebih cepat dari cahaya) perjalanan dengan cahaya itu sendiri. Namun, sebuah pulsa cahaya dapat memiliki lebih dari satu kecepatan karena terdiri dari cahaya dari panjang gelombang yang berbeda . Gelombang individu bergerak pada kecepatan fase mereka sendiri, sedangkan pulsa sendiri perjalanan dengan kecepatan grup. Dalam ruang hampa semua kecepatan fase dan kecepatan grup adalah sama . Dalam media dispersif , namun, mereka berbeda karena indeks bias adalah fungsi dari panjang gelombang , yang berarti bahwa panjang gelombang yang berbeda bergerak pada kecepatan yang berbeda. Wang dan rekan melaporkan bukti untuk kecepatan kelompok negatif - 310C , dimana c = 300 juta meter per detik adalah kecepatan cahaya dalam ruang hampa .

    Eksperimen mereka sangat mirip dengan yang digunakan untuk memperlambat cahaya untuk kecepatan hanya 17 meter per detik tahun lalu. Hal ini bergantung pada menggunakan dua laser dan medan magnet untuk mempersiapkan gas dari atom cesium. Kondisi ini menunjukkan amplifikasi kuat atau keuntungan pada dua panjang gelombang , dan dispersi anomali tinggi - yaitu, indeks bias berubah dengan cepat dengan panjang gelombang - di daerah antara dua puncak ini.

  • Elementary particle ring and laser theory
    Sebuah akselerator partikel adalah perangkat yang menggunakan medan elektromagnetik untuk mendorong partikel bermuatan untuk kecepatan tinggi dan mengandung mereka didefinisikan dengan baik. There adalah dua kelas dasar akselerator: akselerator medan elektrostatik dan berosilasi.

    Untuk mencapai energi masih lebih tinggi, dengan massa relativistik mendekati atau melebihi massa sisa partikel (untuk proton, miliaran elektron volt atau GeV), perlu untuk menggunakan sinkrotron. Ini adalah akselerator di mana partikel-partikel yang dipercepat dalam cincin radius konstan. Keuntungan langsung atas cyclotron adalah bahwa medan magnet hanya perlu hadir atas wilayah yang sebenarnya dari orbit partikel, yang jauh lebih sempit dibandingkan dengan cincin. (Terbesar siklotron dibangun di Amerika Serikat memiliki 184-inch-diameter (4,7 m) kutub magnet, sedangkan diameter synchrotrons seperti LEP dan LHC hampir 10 km. Aperture dari dua berkas LHC adalah dari urutan milimeter.)

    Namun, karena momentum partikel meningkat saat akselerasi, maka perlu muncul medan magnet B dalam proporsi untuk mempertahankan kelengkungan konstan orbit. Karena itu, synchrotrons tidak dapat mempercepat partikel terus menerus, sebagai cyclotron bisa, tetapi harus beroperasi siklis, memasok partikel dalam tandan, yang dikirim ke target atau sinar eksternal pada balok "tumpahan" biasanya setiap beberapa detik.

    Karena synchrotrons energi tinggi melakukan sebagian besar pekerjaan mereka pada partikel yang sudah bepergian di hampir kecepatan cahaya c, waktu untuk menyelesaikan satu orbit cincin hampir konstan, seperti frekuensi resonator rongga RF digunakan untuk menggerakkan percepatan.


  • Dirac antiparticle theory 
    Antipartikel terkait dengan muatan massa dan berlawanan yang sama (termasuk muatan listrik). Misalnya, anti-partikel dari elektron adalah elektron bermuatan positif, atau positron, yang diproduksi secara alami dalam beberapa jenis peluruhan radioaktif. Dirac menafsirkan ini dengan postulat bahwa semua keadaan energi negatif adalah penuh. Meskipun akan mungkin untuk membebaskan keadaan dengan masukan energi positif. Dirac menafsirkan bahwa keadaan energi negatif yang tidak terisi sebagai anti-partikel. 

    Antipartikel

    Partikel tersebut secara spontan muncul pada saat penciptaan berpasangan. Antipartikel pada dasarnya adalah sama sebagai partikel bepergian mundur dalam waktu. Anti partikel bergerak maju dalam waktu sampai mencapai waktu kemudian (itu adalah waktu sebelumnya dalam frame pertama), dimana Dirac menghancurkan partikel asli. Jadi, dengan argumen ini, Dirac menunjukkan perlunya keberadaan antipartikel. Antipartikel hanyalah partikel yang bergerak lebih cepat dari cahaya dilihat dari kerangka acuan inersia yang berbeda.
Kesimpulan Mad Geodet mengenai waktu

Waktu adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan, atau keadaan berada atau berlangsung. Waktu sendiri memiliki dimensi yang berbeda dengan dimensi spasial (ruang). Dimensi spasial yang kita tinggali adalah dimensi ke-3 dan dimensi waktu yang kita tinggali adalah dimensi ke-1. Jika seseorang dapat mengubah/mentransformasi suatu benda/kondisi dari dimensi waktu ke spasial dan sebaliknya, maka perjalanan waktu sangat mungkin untuk terjadi. Mad Geodet menyetujui konsep perjalanan waktu yang berarti berpindah world line karena dengan begitu sejarah di world line asal tidak akan berubah.

 Hal yang terpenting dibandingkan kapankah perjalanan waktu dapat terjadi atau bagaimana konsep menciptakan mesin waktu tetapi manfaatkan waktu sebaik-baiknya. Karena waktu setiap manusia itu terbatas, dan ketika manusia mati, yang akan diingat orang lain adalah apa yang telah diperbuat manusia tersebut. Manusia bisa hidup kekal apabila hal yang dilakukannya selama hidup sangat dikenang oleh banyak orang, kekal dalam hati orang yang mengenang.

Ya itulah teori mesin waktu atau lebih tepatnya teori perjalanan waktu yang didapat dari Steins;Gate dan beberapa sumber lainnya. Mad Geodet juga sebenernya punya teori tapi masih di angan-angan. Bukan teori mengenai mesin waktu tapi teori hubungan waktu dan detak jantung manusia.

11 komentar:

  1. wahh, keren banget. blognya bermanfaat *y*

    awalnya nonton nggak ngerti maksudnya. setelah baca disini, semua teori yang dijelaskan Kurisu udah terkonsep di benakku. wahh, kapan-kapan bikin mesin waktu barengan yuk, min. muehehe

    BalasHapus
  2. Seru juga ternyata bahasannya, berat tapi menarik

    BalasHapus
  3. Sebelum nonton anime nya pelajari dulu teori perjalnan waktunya suapaya ngerti ceritanya

    BalasHapus
  4. Maksih ya... Ijin pake buat referensi... :D

    BalasHapus
  5. Cukup membantu untuk saya yang agak sedikit bingung

    BalasHapus
  6. Wowowo artikelnya membantu semangat terus untuk buat artikel kayak gini

    BalasHapus
  7. Wowowo artikelnya membantu semangat terus untuk buat artikel kayak gini

    BalasHapus
  8. Wowowo artikelnya membantu semangat terus untuk buat artikel kayak gini

    BalasHapus