Selasa, 12 Agustus 2014

Ekskursi Hidrografi


Salah satu kegiatan Mad Geodet selama berkuliah di Teknik Geodesi dan Geomatika, Institut Teknologi Bandung adalah Ekskursi Hidrografi yang berlangsung di Ancol.

Video di atas menggambarkan kegiatan Ekskursi Hidrografi kedua yang dialami Mad Geodet tanggal 12 April 2014. Escursione Wassergrafico saduran gabungan dari bahasa Italia dan Jerman untuk Ekskursi Hidrografi ini merupakan proyek pertama kali Mad Geodet setelah membeli handy cam yang juga kemudian digunakan untuk Kareumbi Operation. Pada Escursione ini juga, Mad Geodet membuat anime music cover pertama yang berjudul Savior of Song.

Berikut kegiatan Escursione Wassergrafico (semua kegiatan tersebut hanya bersifat pengenalan) :
  1. Pengukuran Sifat Fisik Air Laut yang berupa pengukuran salinitas/tingkat keasinan, tekanan, dan massa jenis. Alat yang digunakan bernama CTD. Pada kegiatan ini, Mad Geodet hanya diperkenalkan dengan demonstrasi penggunaan alat walaupun beberapa peserta Escursione lain sempat melakukan pengukuran.
  2. Pengambilan Sampel Air Laut dan Sedimen Dasar Laut yang bertujuan untuk meneliti kandungan air laut dan sedimen dasar laut. Pada kegiatan kali ini, Mad Geodet melakukan pengambilan baik air laut maupun sedimen dasar laut. Demonstrasi Mad Geodet juga bisa dilihat di video di atas
  3. Pengukuran Pasut atau Pasang Surut. Pengukuran ini juga pernah dilakukan pada Escursione edisi sebelumnya, Escursione I di tempat yang sama yaitu Ancol. Bedanya pengukuran pasut pada Escursione I dilakukan dengan mata telanjang. Melihat setiap waktu tinggi permukaan air laut. Pada Escursione II, pengukuran dilakukan dengan menggunakan prinsip terapungnya alat. Pada kegiatan ini, Mad Geodet juga hanya dikenalkan alat dan melihat demonstasi pengukuran.
  4. Kegiatan terakhir pada Escursione II ini adalah pengukuran arus, Mad Geodet hanya diperkenalkan alatnya saja tanpa melihat demonstrasi pengukuran karena waktunya terbatas. Selain itu, konsentrasi Mad Geodet juga berkurang karena panasnya kota Jakarta hari itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar