Minggu, 04 Januari 2015

Unravel (Video)

Di sini akan dijelaskan keterangan keterangan yang menyangkut pembuatan single Mad Geodet ke-17, Unravel.  Keterangan-keterangan tersebut mencakup lokasi dan waktu perekaman, perekam dan lain lain.


 
Sistem perekaman yang dilakukan Mad Geodet pada single kali ini berbeda dengan keenambelas lagu yang sebelumnya dibuat oleh Mad Geodet. Sebelumnya, Mad Geodet melakukan perekaman di empat tempat dengan cakupan pengambilan pemandangan yang tidak beragam dengan menyanyikan lagu secara penuh di setiap tempatnya. Kemudian, Mad Geodet mengeditnya sehingga muncul penggalan penggalan lirik/nyanyian di video final. Tapi kali ini, Mad Geodet memang hanya mengambil rekaman untuk sepenggal-penggal lirik/nyanyian di beberapa tempat di suatu lokasi. Hal ini membuat pengeditan jauh lebih efektif.

Video ini dilakukan di empat tempat dengan rincian sebagai berikut :
  1. 14 Oktober 2014 di Museum Geologi dengan perekamnya adalah Syamora yang ikut membantu Mad Geodet dalam pembuatan video yang pertama, Savior of Song. Saat itu, Mad Geodet sedang melakukan part-time job sebagai Tour Guide di pameran yang diadakan oleh IFI (Pusat Kebudayaan Perancis di Bandung) di Museum Geologi selama dua minggu. Di sela-sela kesibukan, ketika pengunjung museum sepi, Mad Geodet dan Syamora melakukan pengambilan scene untuk setiap penggaln lirik di bagian zaman prasejarah, zaman batu, zaman logam, dan di pamerannya.
  2. 23 Oktober 2014 di Gedung Sate, Bandung dengan perekamnya adalah Qifwat yang ikut membantu Mad Geodet dalam pembuatan video yang kedua, No Pain No Game. Rangkaian perjalanan yang dilakukan setelah Ujian Tengah Semester ini diawali dari Gedung Sate. Pengambilan scene dilakukan di berbagai tempat seperti di seberang gedung sate, ketika menyebrang jalan, di dekat tulisan Gedung Sate, dan dari berbagai sudut di depan Gedung Sate.
  3. 23 Oktober 2014 di Balai Kota Bandung yang merupakan lanjutan perjalanan dari Gedung Sate. Perekamnnya juga Qifwat. Scen diambil di berbagai tempat seperti di depan tulisan balai kota, di depan kolam badak air mancur, di depan kurungan gembok cinta, di depan patung Dewi Sartika, dan berbgai sudut lainnya.
  4. 23 Oktober 2014 di Jalan Layang Pasopati, Bandung yang direkam oleh Qifwat juga. Lokasi terakhir ini sedikit ekstrem. Motor diparkir di Balubur Town Square. Kemudian, Mad Geodet dan Qifwat jalan naik ke Jalan Layang Pasopati. Scene perekaman dilakukan di pinggir jalan layang dengan posisi yang berbeda beda. Selang beberapa langkah, scene diambil. View yang ditampilkan mulai dari tiang jembatan, pemandangan rumah-rumah, dan mobil yang lewat begitu saja.
Audio direkam di kosan Mad Geodet pada tanggal 25 September 2014 jauh sebelum perekaman video dilakukan. Unravel adalah OST dari anime Tokyo Ghoul yang aslinya dinyanyikan TK from Ling Toshite Shigure.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar