Selasa, 09 Juli 2013

Daendels Operation (part 5)

Kali ini Mad Geodet akan merangkum seluruh perjalanan di Daendels Operation.
Sebelumnya, FYI, MG itu Mad Geodet sedangkan MG Taufik itu Taufik yang juga ikut dalam perjalanan gila Mad Geodet

Perjalanan terakhir, MG terpisah dengan MG Taufik. MG ketiduran di bangku di Fakultas Teknik UGM. Daripada pusing nyari, MG memutuskan untuk balik ke kosan Maja. Toh, dua tas para MG ini ada di sana. Pasii MG pun balik ke kosan Maja.

Perjalanan selanjutnya adalah ke pantai Pangandaran. MG dapet info kalo ke sana dari Yogya bisa naik bus patas efisiensi via Cilacap. Tapi MG gak tau terminal mana yang ada bis patas itu. Rencananya Jumat sore, langsung berangkat ke terminal. Kemungkinan tidur di masjid terminal. Tapi, karena keasyikan main kartu di kosan Maja, akhirnya bermalam di kosan Maja. Oh iya, sorenya MG Taufik juga balik ke kosan Maja. Dugaan MG pun tepat.

Semua rangkuman perjalanan Mad Geodet dalam Daendels Operation terangkum dalam tabel berikut :


Bagi yang gak tau apa itu Daendels Operation, Daendels Operation atau DO itu jalan jalan menaklukan pulau Jawa sambil nempelin stiker di sepanjang perjalanan.

Paginya dari kosan Maja, MG pun berangkat ke Terminal Jombar, yang dekat UGM, yang diduga ada bus patas efisiensi. Ternyata gak ada !!! Pagi - pagi salah terminal. Hal EPIC ini berpengaruh besar buat perjalanan hari Sabtu ini, yang alhasil telat sampe Pantai Pangandaran. Terminal Yogyakarta, terminal yang ada bus patas ini. Untung ada bus kota yang menghubungkan kedua terminal ini.
Yogyakarta - Cilacap. Ternyata jauh, dan makan banyak waktu. Alhasil, bus Cilacap - Pangandaran udah gak ada. Disaranin sama tukang gorengan di terminal, disuruh ke Sidareja kalo mau ke Pandangaran naik bus yang penuh sesak. MG pun nurut aja, karena gak ada opsi lain. Pas sampe terminal Sidareja, itu udah sore banget. Bus Sidareja - Panngandaran udah GAK ADA !!! WTF !! Jadinya naik ojek ke Kalipucang yang harganya gak murah. Kalipucang tuh perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat. Bayangin, Sidareja tuh Jawa Tengah, Pangandaran tuh Jawa Barat, masih jauuh banget.

Sambil dilanda kesal dan ngantuk, karena malam, MG pun naik bus trayek Tasik-Pangandaran yang berhenti di Kalipucang. Beruntung langsung dapet, gak pake nunggu. Akhirnya sampai Pangandaran udah malem. MG pun memutuskan untuk bermalam di Masjid Raya Pangandaran. Esoknya, hari Minggu sampai pukul 4, duo petualang gila ini berada di Pantai Pangandaran yang akan dijelaskan di Daendels Operation (last part).

Di part 5 ini, cuma akan dijelaskan perjalanan panjang yang bergitu melelahkan. Minggu sore, naik bus menuju tasik. Disambung bus dari tasik menuju jakarta. FYI, MG dalam perjalanan yang ini, pake celana pendek dan bersarung kayak ibu hamil. Mau gimana lagi Celana Panjang, basah dan bau karena seharian main di pantai dan ini udah hari ke-5 atau terakhir Daendels Operation. Perjalanan malam ini membuat duo MG yang lelah ini tidur dan ketiduran dan terpaksa turun di terminal Kalideres !!!

Jam 3 pagi, di Terminal Kalideres. Rencana turun di Terminal Grogol yang gak begitu jauh dari Gambir. Di part 1 udah dijelasin, MG udah beli semua tiket kereta dalam perjalanan ini itu termasuk dari Gambir ke Bandung. Sebenernya bisa aja dari Pangandaran langsung ke Bandung, tapi sayang tiketnya. Tapi paradigma itu langsung berubah setelah bayar ojek dari kalideres ke gambir. Harganya mahal banget. Tarifnya sama kayak tarif kereta. Penyesalan pun datang. Apalagi setelah plan berantakan akibat salah terminal, di Jakarta tempat yang dikunjugin cuma stasiun Gambir sebelah Monas.

Gak begitu rugi dengan mahalnya ojek, karena perjalanan jauh, MG pun sempat menikmati pemandangan di kota Jakarta yang sepi. Wajar jam 3 pagi. Udah sepi, dingin, pokoknya kontras sama Jakarta pas siang. Karena masih merasa kesal, MG pun menempelkan sisa stiker yang ada di pagar pagar luar dari Monas. Sisanya gak banyak cuma 20. Karena di bus bus tadi juga udah ditempelin.



Contoh stiker di pagar Monas. Sayang ngeblur. Maklum udah kecapekan

Jam 6 pagi kereta dari Gambir pun berangkat menuju Bandung. Sampai Bandung, jam 9 pagi. Dari stasiun, langsung ke kosan MG. Perpisahan duo MG di kosan MG ini pun mengakhiri Daendels Operation.

Jam 1 siang, MG masih ada UAS. Walau MG ngantuk, MG berusaha gak tidur. Karena kalo tidur, kemungkinan, bangunnya sore. Inget, jam 1 ada UAS yang terakhir !!! FYI, dari Pangandaran sampai UAS jam 1 siang, MG sama sekali gak bisa ber(tele)komunikasi karena HP rusak pas di pantai. T.T

Sekian, untuk Daendels Opeation. Masih ada last part, edisi spesial Pangandaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar