Senin, 08 Juli 2013

Daendels Operation (part 4)

Udah lama gak ngerangkum perjalanan Mad Geodet di Daendels Operation, saatnya destinasi EPIC selanjutnya akan tersaji.
Sebelumnya dalam Daendels Operation, duo Mad Geodet, udah datengin Surabaya dan Bromo. Selanjutnya, dengan kereta Sancaka Sore, MG beranjak menuju Yogyakarta.
Beda pas naik kereta dari Bandung ke Surabaya, yang di jalan pas malem, di kereta kali ini MG main kartu dan planning buat ngapain di Yogya. MG pun mengontak sahabat di Yogya karena Yogya bukan kota tanpa kerabat seperti Surabaya. Dia mahasiswa UGM. Dari mbah google, Stasiun Tugu tujuan kereta ini gak deket walau gak jauh dari UGM. Rencananya sih mau jalan ke kosan temen.

 
Stasiun Tugu Yogyakarta

Sebelum jalan ke kosan temen, di kereta tadi, MG googling kalo Malioboro tuh deket sama stasiun. Kereta sampai jam 9 malem. Abis makan malam deket stasiun, petualang gila ini  cuci mata di Malioboro. MG emang udah berencana udah gak beli apa apa soalnya tas udah penuh karna oleh oleh dari Bromo kemarin. Tapi MG Taufik sempet beli oleh oleh juga. Satu hal yang didapat dari sahabat MG Taufik, jangan makan di Malioboro. Walaupun daya hidup di Yogya murah, tapi harga makanan di Malioboro gak ada bedanya sama di Bandung. Pas lagi jalan jalan di Malioboro ini, yang ada di pikiran MG saat itu adalah 'Yakin mau jalan ke kosan temen yang entah dimana, malem malem gimana? Masa' tidur di pinggir jalan?'

MG di Malioboro

Setelah puas nempelin stiker di Stasiun Tugu dan Malioboro, MG pun mencoba berjalan kaki ke utara dimana UGM berada. Baru sekitar 1 km berjalan, duo MG istirahat di ayunan di depan Apotek. MG berencana untuk tidak ke kosan teman malam itu tapi langsung istirahat di masjid terdekat karena sudah mendekati tengah malam.

MIRACLE HAPPEN !!!

Seorang kerabat sahabat (dia kerabatnya sahabat) yang juga kuliah di Yogya datang menghampiri dengan motornya. Ini EPIC DESTINY. Saat MG kelelahan dan terasa depresi dengan jauhnya perjalanan, seorang penyelamat datang. Namanya Alexandrio. Sempat berpikir untuk tidur di ayunan, akhirnya duo MG pun diantar oleh Rio ke Masjid UNY.

Alexandrio the Hero

Mungkin bertanya - tanya, males amat sih jalan ke kosan temen (walau udah malem). Jawabannya karena keesokan paginya tepatnya Jumat pagi, para petualang ini berniat melakukan penyusupan di salah satu kelas di UGM. Bisa telat nyusup kalo malem malem jalan kaki. Nyampe tujuan pun mungkin pagi kalo jalan terus.
Ya namanya hoki, gak sampe 15 menit, MG pun sampai di Masjid. Luas juga, namun sepi. Awalnya ragu bisa dibuat tidur, tapi karena sepi akhirnya nekat. Untuk Rio, dia baik banget. Jadi naik motornya bukan bertiga, tapi berdua tapi bolak balik. Di masjid ini kali pertama duo MG mandi. Gak diduga, Masjid ini toiletnya bersih banget, walau agak horror juga karena bersebelahan langsung sama kuburan. Paginya, sesuai rencana tadi malam, MG pun berjalan ke kosan teman.

 
 Masjid Universitas Negeri Yogyakarta

Untuk yang belum tahu, ternyata Universitas Negeri Yogyakarta ini bersebelahan dengan Universitas Gadjah Mada (UGM). Dengan kata lain, kosan teman itu gak jauh dari masjid. Bermodalkan alamat yang diberikan teman dan Google Map, MG pun dengan instingnya menuju kosan teman. Ngapain sih ke kosan teman? Kan udah tidur? Gak lain gak bukan buat titip tas yang segede alaihim. Bisa langsung ketahuan kalo nyusup bawa tas segede itu.
Dalam perjalanan MG Taufik sangat cemas dengan insting yang terkesan asal asalan ini. Tapi yang MG tangkep, kosan temen tuh ada di barat laut Masjid. Jadi tinggal ikutin jalan ke Utara - Barat - Utara - Barat. Ternyata jauh juga. Gak lupa nempelin stiker di jalanan. Dan akhirnya untuk kedua kalinya MG pun sampai di kosan teman dengan instingnya (pertama dari Stasiun Gubeng ke Tugu Pahlawan)

Inilah Maja Saputra, teman SMP dari MG

Untuk kuliah di UGM, diwajibkan memakai kemeja dan sepatu. Kemeja duo MG udah pake, sepatu? MG pake sendal sepanjang Daendels Operation, sama sekali gak bawa sepatu. Jadinya pinjem Maja deh. Terus Maja pake apa? Maja gak ada kuliah pagi ini. Huuft..
Misi penyusupan pun dimulai. Walau bukan kelas liar, kelas tanpa teman, suasananya tetap lain. Beda sama pas kuliah di ITB, perguruan tinggi asal MG. Yap, di kelas ini ada junior MG Taufik di SMA nya dulu. Dia kuliah di fakultas Geografi, dan para MG masuk di mata kuliah Geomorfologi. Pelajaran yang pernah sedikit dipelajari di ITB tahun pertama oleh duo MG karena MG ini dari jurusan Geodesi fakultas Kebumian. Wajar lah apalagi, topik hari itu cuma mitigasi bencana, jadi bisa ngikutin.

Inilah Halim, junior MG Taufik di SMA

Hal yang EPIC hampir aja terjadi, kalo MG Taufik mengerahkan sedikit lagi keberaniannya. Menurut Halim sendiri, Geografi itu ilmu dangkal tapi luas sekali. Luasnya mencakup Geologi, Sosial, bahkan Geodesi. Intinya MG Taufik mau nanya ke Dosen hal yang terkait Mitigasi Bencana dengan Geodsesi. Jelas banget itu gak dipelajari di Geografi. Untung gak jadi, kalo jadi langsung ketahuan penyusupan. Tapi akhirnya ketahuan juga, karena hal EPIC itu gak jadi, MG melakukan hal EPIC lain. MG merekam suasana kelas setelah usai dengan si Handy secara terang terangan sambil perlahan lahan meninggalkan ruangan. MG buru buru keluar soalnya di kelas tadi udah ditempelin stiker. Berabe kalo ketauan sapa yang nempel

Jam 10, MG, MG Taufik dan Halim menuju Fakultas Teknik sekalian jalan jalan. WOW, UGM luas banget beda banget sama ITB, antar fakultas aja jalan jauh banget. Tapi yang jelas perjalanan jauh ini gak ada apa apanya karena MG sama sekali bawa tas berat itu, hahaha..


 
 Simbol Fakultas Teknik UGM

Halim bertingkah selayaknya Tour Guide UGM. MG ngerasa kurang liar jadinya, kalo jalan jalannya pake Tour Guide. Abis makan siang, MG pun hendak jumatan di Masjid Kampus yang letaknya kurang lebih di tenggara area kampus UGM. Jauuuuh banget ternyata. Ya jelaslah, fakultas teknik ini letaknya di Barat Laut. Sempat juga MG nemuin anak Geodesi UGM yang lagi praktikum. Calon rekan kerja nih..

Awalnya jalan ke Masjid Kampus barengan, namun akhirnya MG memisahkan diri. Karena adanya tour guide ini jadi jarang nempel stiker plus poto poto. Rencananya ketemuan di Masjid Kampus. Tapi gak ketemu apalagi MG dateng ke Masjid pas udah khotbah karena keasikan poto dan nempel stiker. Selesai jumatan, MG belum bisa nemuin MG Taufik maupun Halim. Tapi MG gak peduli dan melanjutkan perjalanan kembali ke Prodi Teknik Fisika di kompleks Fakultas Teknik karena akan melakukan misi penyusupan selanjutnya.

Misi penyusupan selanjutkan di kelas yang juga dimasuki oleh Maja, teman titip tas tadi. Berharap bakal ketemu MG Taufik di tempat yang dijanjikan. Jauhnya lokasi antar fakultas membuat MG frustasi dan bersyukur bisa kulaih di ITB yang jauh lebih sempit. Jam 1 mulai kuliah. Jam 1, MG masih di jalan. Jam 1, MG Taufik entah di mana. Karena lelah dan sadar udah telat, akhirnya MG memutuskan untuk tidur di bangku Fakultas Teknik UGM.

 
Tempat tidur alternatif. Tempatnya sepi, rimbun, enaklah buat tidur.

Setelah tidur sejam, MG kebingungan dan sempat tak sadar sedang dalam Daendels Operation. Tempat berikutnya telah menanti, gak ada waktu santai santai disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar