Jumat, 25 Juli 2014

Album Mad Geodet kedua (Born to be) (Video)

Di sini akan dijelaskan keterangan keterangan yang menyangkut pembuatan video video dari album Mad Geodet yang kedua yaitu Born to be. Keterangan-keterangan tersebut mencakup lokasi dan waktu perekaman, perekam dan lain lain.


1. Angel



Ini merupakan satu dari empat video dalam album Born to be ini yang pengambilannya dilakukan di Kareumbi. Scene scene yang diambil untuk video Angel tiga diantaranya dilakukan sehari sebelum Kareumbi Operation usai.

Video ini terdiri dari empat scene dengan rincian sebagai berikut
  1. Scene pertama direkam di sungai tempat Mad Geodet survey pengukuran detail selama Kareumbi Operation. Scene diambil usai survey sebelum makan siang serta setelah bersih-bersih peralatan survey. Scene diambil oleh Nungtatang pada tanggal 26 Mei 2014. Pada scene ini, Mad Geodet menjadikan statif, alat untuk meletakkan alat survey, sebagai gitar.
  2. Scene kedua direkam di batang kayu dekat jembatan menuju rumah pohon. Scene diambil tanggal 31 Mei 2014, oleh Ankalucio pada pagi hari setelah sarapan. Di scene, ini terlihat kesulitan mengatur pergerakan sambil memperhatikan keseimbangan.
  3. Scene ketiga juga diambil tanggal 31 Mei 2014. Scene diambil di kebun cabe milik warga Cigumentong. Scene diambil d'AMRI. Pada scene ini, Mad Geodet mengenakan ponco.
  4. Scene keempat juga diambil tanggal 31 Mei 2014 oleh Ankalucio pada sore harinya. Pergerakan Mad Geodet saat itu juga terbatas karena sandal yang putus. Scene diambil di dekat kandang rusa.
Audio direkam di kosan Mad Geodet pada tanggal 16 Mei 2014. Angel adalah OST dari anime Coppelion yang aslinya dinyanyikan oleh Angela.

2. Born to be


Ini merupakan satu dari empat video dalam album Born to be ini yang pengambilannya dilakukan di Kareumbi. Lagu yang menjadi nama album ini merupakan video dengan scene yang diambil pertama kali sejak tiba di Kareumbi.

Video ini terdiri dari 4 scene dengan rincian sebagai berikut :
  1. Scene pertama direkam Teo di basecamp pada tanggal 20 Mei 2014 setelah survey Kerangka Dasar Vertikal. Pada scene ini, Mad Geodet menjadikan hoodie sebagai penutup mata
  2. Scene kedua juga dilakukan di tempat yang sama tapi berbeda sudut pandang. Scene ini direkam juga oleh Teo pada 20 Mei 2014. Pada scene ini, Mad Geodet menjadikan rambut sebagai penutup mata.
  3. Scene ketiga direkam pada tanggal 20 Mei 2014 setelah pengambilan scene pertama dan kedua. Scene diambil oleh Teo di jembatan yang merupakan batas Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Garut.
  4. Scene keempat direkam pada tanggal 21 Mei 2014 oleh Ankalucio ketika hari piket. Ini merupakan scene pertama yang direkam saat hari piket. Scene diambil di depan Gedung Pusat Informasi, tempat inap Mad Geodet selama minggu pertama Kareumbi Operation.
Audio direkam di kosan Mad Geodet pada tanggal 17 Mei 2014. Born to be adalah OST ending dari anime Mahou Sensou. Born to be aslinya dinyanyikan oleh Nano.

3. Brand New World

 


Ini merupakan satu dari empat video dalam album Born to be ini yang pengambilannya dilakukan di Kareumbi. Video ini satu-satunya video dalam album Born to be dengan empat scene dengan perekam yang berbeda-beda.
Video ini terdiri dari 4 scene dengan rincian sebagai berikut :
  1. Scene pertama ini diambil setelah survey pengukuran detail di daerah seberang sungai. Scene diambil oleh Nungtatang pada tanggal 26 Mei 2014.
  2. Scene kedua diambil ketika laki-laki lain sedang bermain bola pada hari piket, 27 Mei 2014. Scene diambil oleh Jodit. Scene ini direkam sesaat setelah Mad Geodet mandi.
  3. Scene ketiga ini diambil oleh wanita peserta Kemah Kerja 2014, Daniella atau Nela. Perekaman dilakukan di basecamp dengan perekam berada di lantai dua basecamp. Penunjukkan Nela didasarkan lantai dua basecamp hanya boleh diakses oleh para wanita. Scene diambil tanggal 31 Mei 2014.
  4. Scene ini diambil Ankalucio pada sore sebelum hari terakhir. Scene diambil tanggal 31 Mei 2014 di daerah ilalang di wilayah utara basecamp. Pada scene ini, Mad Geodet jatuh dengan tidak direncanakan.
Audio direkam di kosan Mad Geodet pada tanggal 16 Mei 2014. Brand New World adalah OST keenam dari anime Brand New World yang aslinya dinyanyikan oleh D-51.

4. Dead End



Ini merupakan video yang direkam ketika Kerja Praktek di SMP Puloampel, Banten. Selain itu terdapat scene selfie Mad Geodet yang dipergunakan untuk pembuatan video ini. Perekam scene utama video ini adalah rekan survey GPS di Banten yang dilakukan selama 30 jam non stop itu, ar-MAN dengan nama asli Armand Maulana Yusuf.

Video ini terdiri dari tiga scene dengan rincian sebagai berikut :
  1. Scene pertama pada video ini dibuat pada hari pertama pelaksanaan survey GPS pada tanggal 19 Juni 2014 oleh ar-MAN. Scene diambil setelah istirahat akibat perjalanan dari Pos Krakatau di Labuan, Banten menuju Puloampel, Banten. Scene diambil di daerah ilalang, di belakang, sekolah
  2. Scene kedua juga diambil oleh ar-MAN pada tanggal 19 Juni 2014. Scene yang diambil pada sore hari ini berlatar belakang sekolah dengan pintu kelas yang terbuka. Sekolah ini sudah libur sehingga sekolah itu hanya dihuni oleh penunggu sekolah. 
  3. Scene ketiga diambil secara selfie oleh Mad Geodet di rumah Mad Geodet pada tanggal 4 Juli 2014.
Audio direkam di rumah Mad Geodet di Lampung pada tanggal 16 Juli 2014. Dead End adalah OST kedua dari anime Mirai Nikki yang aslinya dinyanyikan oleh Faylan.

5. Destiny


Ini merupakan satu dari empat video dalam album Born to be ini yang pengambilannya dilakukan di Kareumbi. Sebagian besar scene dalam video ini direkam ketika hari piket bersama Ankalucio.

Video ini terdiri dari 4 scene dengan rincian sebagai berikut :
  1. Scene pertama diambil oleh Ankalucio di pepohonan di depan Gedung Pusat Informasi yang masih masuk Kabupaten Bandung. Scene diambil tanggal 21 Mei 2014 saat hari piket.
  2. Scene kedua juga diambil oleh Ankalucio pada pagi hari yang sama yaitu tanggal 21 Mei 2014. Scene ini diambil di dekat perairan di belakang tenda penginapan.
  3. Scene ketiga diambil dari seberang perairan dari scene kedua tepatnya di pinggir lapangan yang ada di Kareumbi. Scene diambil Ankalucio tanggal 21 Mei 2014.
  4. Scene keempat diambil oleh Teo pada tanggal 25 Mei 2014. Scene ini diambil setelah makan siang di dalam hutan. Pada hari itu, Mad Geodet sedang melakukan pengukuran detail situasi.
Audio direkam di lantai 3 labtek IXC pada tanggal 17 Mei 2014. Destiny merupakan OST dari anime Phi Brain Season tiga yang dibawakan oleh Neko.

6. One Day



Ini meupakan video yang dibuat ketiga oleh Mad Geodet. Seluruh scene diambil ketika pra-Kemah Kerja 2014 yang bertujuan pengenalan medan selama Kareumbi Operation.
Video ini terdiri dari 3 scene yang diambil secara berurutan dengan rincian sebagai berikut :
  1. Scene pertama diambil oleh Teo di lapangan yang nantinya tempat tes psikomotorik menggunakan alat. Scene diambil tanggal 10 Meo 2014.
  2. Scene kedua diambil di tempat dan waktu yang sama dengan scene pertama dengan perekam yang berbeda yaitu Anto. Perbedaanya yaitu pada scene ini kameramen melakukan zoom in.
  3. Scene ketiga diambil oleh Teo di kantin Garut dekat basecamp selama Kareumbi Operation. Pada saat pengambilan scene, baterai camcorder habis ketika lagu baru akan memasuki reff kedua. Scene ini berlatar belakangkan peta wilayah Kareumbi.
Audio direkam di kosan Mad Geodet pada tanggal 12 Mei 2014. One Day adalah lagu yang dibawakan the ROOTLESS sebagai OST ketigabelas dari anime One Piece


7. Rising Hope



Ini merupakan video keenambelas yang dibuat oleh Mad Geodet. Sebagian besar scene diambil di daerah asal Mad Geodet yaitu Lampung.

Video ini terdiri dari 5 scene dengan rincian sebagai berikut :
  1. Scene pertama diambil ketika Kerja Praktek Survey GPS di kebun kacang belakang SMP Puloampel, Banten. Scene diambil pada hari kedua survey tanggal 20 Juni 2014. Perekam scene ini adalah ar-MAN.
  2. Scene kedua diambil di sekitar tanah milik orang tua Mad Geodet di daerah Tanjungsari, Natar, Lampung Selatan. Scene ini direkam oleh ibu Mad Geodet tanggal 22 Juli 2014. Scene ini berlatarbelakangkan kebun singkong.
  3. Scene ketiga diambil di tempat, waktu dan perekam yang sama dengan scene kedua yaitu tanggal 22 Juli 2014. Perbedaannya scene ini berlatarbelakangkan sawah.
  4. Pada scene keempat ini, Mad Geodet terlihat duduk di kursi dapur rumah Mad Geodet. Scene ini direkam oleh kakak Mad Geodet pada tanggal 23 Juli 2014.
  5. Scene kelima juga direkam oleh kakak Mad Geodet tanggal 23 Juli 2014. Scene diambil di genting rumah Mad Geodet.
Audio direkam di rumah Mad Geodet pada tanggal 16 Juli 2014. Rising hope adalah lagu yang dibawakan LiSA yang digunakan sebagai OST pertama dari anime Mahouka.


8. Savior of Song






Ini merupakan video pertama yang dibuat oleh Mad Geodet. Video ini satu-satunya video yang dibuat Mad Geodet pada bulan April

Video ini terdiri dari lima scene dengan rincian sebagai berikut :
  1. Scene pertama merupakan scene pertama yang diambil dari keseluruhan scene video Mad Geodet. Scene debut ini diambil oleh d'AMRI tanggal 7 April 2014 di lantai 3 labtek IXC. Scene ini dibuat untuk latihan pembuatan scene selanjutnya. Pada scene ini, Mad Geodet ditemani SSS13. Perekaman scene ini berakhir ketika reff pertama berakhir.
  2. Scene kedua direkam di Ancol di dekat kolam bebek. Scene diambil oleh Tougoss pada tanggal 12 April 2014 di sela-sela ekskursi Hidrografi II, mata kuliah yang diambil Mad Geodet. Pada scene Mad Geodet direkam bersama MG Taufik, rekan Mad Geodet dalam Daendels Operation. Namun, MG Taufik gak tau harus berbuat apa dalam scene ini.
  3. Scene ketiga sampai kelima dibuat guna mengurangi durasi scene pertama. Scene ketiga diambil oleh SSS13 di lantai 4 labtek IXC pada tanggal 16 April 2014. 
  4. Scene keempat juga diambil SSS13 di tangga penghubung lantai tiga dan lantai 4 labtek IXC pada tanggal 16 April 2014. Beruntung, tidak ada orang yang lewat melalui tangga ini, saat perekaman dilakukan.
  5. Scene kelima direkam oleh SSS13 pada tanggal 16 April 2014 di lantai 3 labtek IXC, tempat Mad Geodet melakukan perekaman audio. Pada scene ini, Mad Geodet terlihat bernyanyi sambil menonton video asli lagu Savior of Song yang dibawakan oleh Nano. Scene ini juga berakhir ketika reff pertama berakhir.
Audio direkam di kosan Mad Geodet pada tanggal 16 April 2014. Savior of Song adalah OST dari anime Aoki Hagane Arpeggio : Ars Nova yang aslinya dibawakan oleh Nano

Demikian, penjelasan dari kedelapan lagu yang ada pada album Born to be ini. Berikut adalah kru album Born to be ini.

 Kru Vivid (dari kiri ke kanan : Ankalucio, Teo)
Untuk download album Born to be Mad Geodet dapat dengan membuka link ini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar