Jumat, 18 Juli 2014

Album Mad Geodet pertama (Vivid) (Video)

Di sini akan dijelaskan keterangan keterangan yang menyangkut pembuatan video video dari album Mad Geodet yang pertama yaitu Vivid. Keterangan-keterangan tersebut mencakup lokasi dan waktu perekaman, perekam dan lain lain.

1. Abnormalize


Ini merupakan video terakhir yang dibuat oleh Mad Geodet dengan waktu yang terpisah dengan video video lainnya dalam waktu yang cukup lama. Video ini dibuat saat survey GPS pengukuran deformasi selat sunda di SMP Puloampel, Banten. Perekam scene utama video ini adalah rekan survey GPS di Banten yang dilakukan selama 30 jam non stop itu, ar-MAN dengan nama asli Armand Maulana Yusuf. Scene lainnya merupakan hasil selfie  Mad Geodet di rumah asal yaitu di Lampung.

Video ini terdiri dari empat scene dengan rincian sebagai berikut
  1. Scene pertama direkam di lorong SMP Puloampel. ar-MAN merekam Mad Geodet dari atas tangga. Scene direkam tanngal 19 Juni 2014 atau hari pertama survey GPS.
  2. Scene kedua direkam di depan tempat inap duo surveyor ini tepatnya di depan Mushola SMP Puloampel. Pada scene ini, bayangan Mad Geodet direkam. Scene direkam tanggal 20 Juni 2014 atau hari kedua survey GPS
  3. dan 4. merupakan scene selfie Mad Geodet yang dilakukan di rumah asal Mad Geodet pada tanggal 4 Juli 2014
Pada video ini, perekaman audio tidak dilakukan sehingga video ini hanya video lipsync. Abnormalize adalah OST pertama dari anime Psycho Pass, anime bergenre psycho. Abnormalize aslinya dinyanyikan oleh Ling Toshite Sigure. 

2. Fight Together


Ini merupakan satu dari enam video dalam album Vivid yang dibuat di Kareumbi saat Kemah Kerja. Perekam scene scene pada video ini beragam atau terdiri dari tiga orang.

Video ini terdiri dari 4 scene dengan rincian sebagai berikut :
  1. Scene pertama direkam oleh Ankalucio pada hari ketiga Kemah Kerja atau tepatnya tanggal 21 Mei 2014. Pada hari itu Mad Geodet dan Ankalucio sedang piket dan tidak sedang melakukan pengukuran. Selain scene dari video ini, banyak scene lain yang direkam Ankalucio pada hari piket tersebut. Scene ini diambil di depan Gedung Pusat Informasi tempat menginap Mad Geodet pada minggu pertama
  2. Scene kedua dilakukan pada tanggal 28 Mei 2014 setelah pengukuran detail situasi terakhir oleh Mad Geodet. Scene diambil saat perjalanan pulang oleh Aqsoo yang hanya merekam scene ini dari seluruh scene Mad Geodet. Scene ini diambil di dekat patok 8.20 yang digunakan untuk pengukuran dalam Kemah Kerja
  3. Scene ketiga direkam oleh Herjuno saat Mad Geodet sudah tidak ada yang dilakukan (nganggur). Begitu juga Yuno alias Herjuno. Scene diambil tanggal 30 Mei 2014 di jalan dekat dan menuju desa Cigumentong.
  4. Scene keempat direkam pada hari sebelum hari terakhir yaitu tanggal 31 Mei 2014 di dekat jembaatan kayu menuju Rumah Pohon. Scene ini diambil pada pagi hari setelah sarapan oleh Ankalucio juga.
Audio direkam di kosan Mad Geodet pada tanggal 16 Mei 2014. Fight Together adalah OST keempatbelas dari anime One Piece. Fight Together aslinya dinyanyikan oleh Namie Amuro.

3. Goya no Machiawase



Ini merupakan satu dari enam video dalam album Vivid ini yang pengambilannya dilakukan di Kareumbi. 

Video ini terdiri dari 4 scene dengan rincian sebagai berikut :
  1. Scene pertama ini merupakan scene paling pertama dari semua scene yang diambil dalam Kareumbi Operation atau Kemah Kerja 2014. Scene ini diambil sebelum sampai di Kareumbi tepatnya ketika di perjalanan. Scene ini diambil oleh d'AMRI sponsor Daendels Operation Mad Geodet pada tanggal 19 Mei 2014.
  2. Scene kedua diambil tanggal 21 Mei 2014 ketika hari piket. Scene ini diambil oleh Ankalucio.
  3. Scene ketiga ini diambil di tempat angker pada tanggal 25 Mei 2014. Sehari sebelumnya di tempat ini terdapat penampakan bayangan hitam. Scene ini diambil oleh Jodit atau Jojon Adit, surveyor yang ikut serta dalam video Vivid.
  4. Scene ini diambil Herjuno atau Yuno pada tanggal 30 Mei 2014 di bawah rumah panggung/basecamp. Ketika Mad Geodet sdan Yuno lagi tidak ada kerjaan sehingga dibuatlah scene ini.
Audio direkam di kosan Mad Geodet pada tanggal 17 Mei 2014. Goya no Machiawase adalah OST dari anime Noragami yang aslinya dinyanyikan oleh Hello Sleepwalkers.

4. Jiyuu no Tsubasa



Ini merupakan video dengan durasi terpanjang dalam album Vivid ini. Ini merupakan satu dari enam video yang perekamannya dilakukan di Kareumbi.

Video ini terdiri dari 4 scene dengan rincian sebagai berikut :
  1. Scene pertama pada video ini dibuat sesaat setelah scene pertama dari video Goya no Machiawase. Perekamnya pun sama, yaitu d'AMRI di perjalanan menuju Kareumbi tanggal 19 Mei 2014.
  2. Scene kedua diambil oleh Herjuno atau Yuno pada tanggal 30 Mei 2014. Scene diambil di rumah pohon. Perlu diketahui pada tanggal tersebut tepatnya setelah Jumatan terdapat banyak scene yang diambil oleh Yuno. Saat itu, Mad Geodet membawa perlengkapan seperti celana panjang dan pendek, kupluk, dan kacamata hitam.
  3. Scene ketiga juga diambil oleh Herjuno pada hari yang sama tanggal 30 Mei 2014. Scene ini merupakan scene terakhir yang diambil pada hari itu. Scene di atas batu di perjalanan menuju Cigumentong ini menuai cerita. Scene ini diambil sesaat setelah hujan. Ceritanya ketika akan diambil scene ini, tiba-tiba hujan turun dengan deras. Mad Geodet dan Yuno yang akan pulang ke basecamp dari Cigumentong berteduh di pinggir tebing. Karena hujan bercampur angin kencang, tempat berteduh ini gak bisa diandalkan.
  4. Scene keempat diambil oleh d'AMRI pada tanggal 31 Mei 2014. Scene diambil dekat pengambilan scene ketiga yaitu jalan dari Cigumentong di dekat jembatan. Pada scene ini, 'rencananya' dibuat seakan-akan Mad Geodet dipukul oleh tangan raksasa yang tentu saja tangan itu keliatan besar karena lebih dekat dengan kamera. Pemilik tangan misterius itu adalah Kevin Sibarani.
Audio direkam di lantai 3 labtek IXC pada tanggal 17 Mei 2014. Jiyuu no Tsubasa sendiri adalah OST kedua dari anime Shingeki no Kyojin yang aslinya dinyanyikan oleh Linked Horizon.

5. KINGS



Ini merupakan satu dari enam video dari album Vivid yang dibuat di Kareumbi. Ini juga mengandung scene yang diambil terakhir kali selama di Kareumbi.

Video ini terdiri dari 4 scene dengan rincian sebagai berikut :
  1. Scene pertama diambil oleh Herjuno atau Yuno pada tanggal 30 Mei 2014. Tempat pengambilannya yaitu di dekat rumah pohon yang merupakan tempat makan ketika pra-Kemah Kerja
  2. Scene kedua diambil oleh Ankalucio pada pagi hari tanggal 31 Mei 2014. Scene ini diambil di jembatan kayu menuju rumah pohon.
  3. Scene ketiga diambil oleh Tougoss Samosir pada tanggal 31 Mei 2014 sepulang dari desa Cigumentong. Tempat pengambilannya yaitu di kebon kobis milik warga Cigumentong. 
  4. Scene keempat ini adalah scene terakhir yang diambil selama di Kareumbi. Pada scene ini, Mad Geodet tidak banyak bergerak (karena sandal putus). Scene ini diambil oleh Ankalucio pada tanggal 31 Mei 2014.
Audio direkam di kosan Mad Geodet pada tanggal 16 Mei 2014. KINGS merupakan OST dari anime K yang dibawakan oleh Angela.

6. No Pain No Game

 

Ini meupakan video yang pertama kali dibuat dalam album Vivid ini. Tempat pengambilannya yaitu di lantai 2 labtek IXC.

Video ini terdiri dari 5 scene yang diambil secara berurutan dengan rincian sebagai berikut :
  1. Scene pertama diambil oleh MG Taufik di depan ruangan 3104 labtek IXC setelah UAS Penginderaan Jauh tanggal 8 Mei 2014. Pada scene ini, Mad Geodet mengenakan hood dan jaket.
  2. Scene kedua diambil oleh perekam yang sama di tempat dan waktu yang sama dengan scene pertama. Perbedaanya yaitu pada scene ini Mad Geodet menutupi muka dengan rambut.
  3. Scene ketiga diambil oleh MG Taufik pada 8 Mei 2014. Pada scene ini MG terlihat berjalan pada lorong menuju lokasi scene pertama dan kedua.
  4. Scene keempat direkam oleh perekam yang sama dengan waktu dan tempat yang sama dengan scene tiga. Hanya saja, kali ini Mad Geodet bergerak ke arah yang berlawanan.
  5. Scene kelima diambil di depan kelas 3101 oleh MG Taufik. Mad Geodet bernyanyi di depan 3101 tetapi MG Taufik merekam di depan 3104. Pada video ini, Mad Geodet mengikat rambutnya seperti biasa.
Audio direkam di kosan Mad Geodet pada tanggal 10 Mei 2014. No Pain No Game adalah lagu yang dibawakan Nano sebagai OST dari anime BTOOOM.

7. One Reason



Ini merupakan video yang menunjukkan keputusasaan dari seorang tawanan. Di sini Mad Geodet berperan berniat membalas seseorang dengan membawa golok yang dipinjam dari seseorang di kelompok tiga dalam Kemah Kerja. Ini merupakan satu dari enam video dalam album Vivid ini yang diambil di Kareumbi selama Kemah Kerja.

Video ini terdiri dari 4 scene dengan rincian sebagai berikut :
  1. Scene pertama diambil tanggal 23 Mei 2014 di sela-sela ujian psikomotorik dalam Kemah Kerja 2014. Perekam scene ini adalah Teo. Scene ini diambil di pinggir lapangan lokasi ujian psikomotorik dilakukan.
  2. Scene kedua diambil tanggal 25 Mei 2014 seusai pengukuran detail situasi pada hari itu. Di scene ini, Mad Geodet dan perekam scene, Jodit terlihat belum terbiasa dengan Mad Geodet yang membawa golok sehingga diambillah scene ketiga.
  3. Scene ketiga diambil oleh Jodit tanggal 25 Mei 2014. Lokai perekamanan sama dengan scene kedua tetapi berbeda sudut pandang yaitu di Camping Ground C, lokasi angker yang juga dilakukan perekaman video Goya no Machiawase.
  4. Pada scene keempat ini, Mad Geodet terlihat tenang dengan duduk di batang kayu di pinggir sungai. Lokasi ini bersebalahan dengan lokasi angker, Camping Ground C. Perekam scene ini juga Jodit pada tanggal 26 Mei 2014.
Audio direkam di lantai 3 labtek IXC pada tanggal 17 Mei 2014. One Reason adalah lagu yang dibawakan DWB feat. Fade yang digunakan sebagai OST anime tahun 2011, Deadman Wonderland.

8. Vivid



Ini meupakan satu dari enam video yang direkam di Kareumbi. Video ini merupakan satu-satunya video dengan Mad Geodet terus memakai seragam surveyor di setiap scenenya. Ini juga satu-satunya video yang mengalami pengolahan video di Kareumbi. Video ini juga video terakhir (setelah Savior of Song, No Pain No Game, One Day) yang melakukan program pengolahan data Windows Movie Maker yang selanjutnya menggunakan Arcsoft Show Biz.

Video ini terdiri dari 3 scene dengan rincian sebagai berikut :
  1. Scene pertama diambil tanggal 22 Mei 2014 seusai pengukuran Kerangka Dasar Vertikal. Pada scene ini, Mad Geodet terlihat memakai salah satu alat surveyor yaitu waterpass. Scene ini direkam oleh Teo.
  2. Scene kedua direkam sesaat setelah scene pertama oleh Teo. Lokasi perekaman sama dengan scene pertama yaitu di pertigaan jalan menuju desa Cigumentong. Pada scene ini, Jodit (perekam di scene lainnya) memakai waterpass, sedangkan Mad Geodet memegan rambu ukur.
  3. Scene ketiga direkam tanggal 23 Mei 2014 oleh Teo juga. Scene ini diambil di sela-sela ujian psikomotorik di lapangan. Pada scene ini, terlihat orang lalu lalang di belakang Mad Geodet disengaja dan tidak disengaja.
Audio direkam di lantai 3 labtek IXC pada tanggal 17 Mei 2014. Vivid adalah OST dari anime Blood Lad yang aslinya dibawakan oleh May'n.

Demikian, penjelasan dari kedelapan lagu yang ada pada Vivid ini. Berikut adalah kru album Vivid ini.

 Kru Vivid (dari kiri ke kanan : Ankalucio, Teo, Yuno)

Untuk download album Vivid Mad Geodet dapat dengan membuka link ini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar