Senin, 21 Juli 2014

Kareumbi Operation (part 4)

Day 9


Tanggal 27 Mei 2014 meupakan hari kesembilan rangkaian Kareumbi Operation yang berlangsung sejak tanggal 19 Mei 2014.

Tidak ada kegiatan pengukuran yang dilakukan hari itu. Tidak pula kegiatan yang berhubungan dengan tujuan nomor satu Kareumbi Operation yakni pengolahan data ukuran dan pembuatan peta dapat dilakukan. Hari itu adalah DAY-OFF.

Satu hari full bersenang-senang. Hari bebas. Tapi sebelum memulai hari bebas itu, terlebih dahulu terjadi perpindahan tempat inap dari Gedung Pusat Informasi ke Tenda begitu pula sebaliknya. Artinya, dari hari kesembilan hingga hari terakhir Kareumbi Operation, Mad Geodet akan bertempat tinggal di tenda.

Perpindahan tempat inap

Kegiatan kegiatan yang dilakukan para peserta Kemah Kerja 2014 bermacam-macam. Ada yang berjalan-jalan, ada yang bermain seharian. Kegiatan bermain seharianlah kegiatan yang dilakukan Mad Geodet. 

Pagi sekitar pukul 09.00, ada kegiatan bermain bola untuk para laki-laki yang berminat. Mad Geodet kurang berminat. Mad Geodet memanfaatkan kesempatan itu dengan sebaik mungkin. TIDAK ADA yang mengantri untuk mandi di pagi hari seperti biasanya karena tidak mungkin main bola setelah mandi.

Saat kegiatan bermain bola dilangsungkan, Mad Geodet sempat membuat satu scene dengan backgroundnya adalah para pemain bola yang berlarian.

 Behind the scene : Video Brand New World

Kawasan konservasi Gunung Masigit Kareumbi memiliki dua kantin yang terletak di dekat basecamp tetapi berbeda kabupaten. Satu di Kabupaten Sumedang, kantin yang lebih dekat ke basecamp. Satu lagi berada di Kabupaten Garut, kantin yang lebih luas. Kantin itu nantinya jadi tempat Mad Geodet berkegiatan hari itu dan seterusnya,

Bersama sekitar empat orang lainnya, Mad Geodet bermain DoTA seharian. Permainan tepatnya dimulai setelah makan siang dan berakhir sekitar pukul 17.30. Tidak satupun perekaman dilakukan saat itu. Tidak pula kegiatan berjalan-jalan dilakukan dalam jangka waktu tersebut. Hari kesembilan berlalu begitu saja.

Day 10


Kegiatan Mad Geodet dan Kelompok tiga lainnya pada pagi hari ke-sepuluh Kareumbi Operation ini berlansung di kantin Garut. Proses melanjutkan memasukkan data ukuran pengukuran detail ke file excel kembali dilakukan oleh Mad Geodet pada tanggat 28 Mei 2014 tersebut.

Setelah ditelusuri dan diplot oleh tim penyajian peta, tim yang bertanggung jawab dalam pembuatan produk akhir Kareumbi Operation, data ukuran untuk pembuatan peta dinilai masih sangat kurang. Jadilah, setelah makan siang di basecamp, kembali dilakukan pengukuran detail.

Pengukuran detail pada hari kesepuluh ini bukanlah dekat jalan utama maupun dekat jalan tanah yang normal. Jalan tanah yang menjadi jalur masuk area survey sangat licin, sempit, dan menanjak curam. Jalur masuk yang dimaksud adalah lokasi angker Camping Ground C.

Proses pemasangan patok yang tidak terletak pada jalan utama ini disebut pemasang patok titik bantu. Patok yang sebelumnya dipakai juga dipakai untuk pengukuran Kerangka Dasar. Jika diibaratkan, proses pemasangan patok titik bantu ini seperti menambahkan tulang baru pada kerangka manusia sehingga bisa ditambahkan organ baru.

Proses pemasangan patok

Selain survey baru dimulai setelah makan siang, ketika rombongan kelompok tiga baru tiba di lokasi survey, hujan yang kembali mengguyur lokasi angker tersebut menyebabkan minimnya data ukuran detail yang didapat selama survey hari kesepuluh. Tidak membuang waktu, ketika hujan, Mad Geodet sempat membuat satu scene.

Jika pada pengukuran sebelumnya, tempat yang sulit dilalui oleh surveyor hanya dirasakan oleh pemegang jalon semacam tongkat, pada pengukuran hari itu, surveyor pembidik yang berada di tempat alat juga harus merasakan sulitnya berpijak di tempat tersebut. 

Demi menghinakan fenomena mengerikan pada hari keenam, survey disudahi sebelum pukul 16.00. Mad Geodet kembali membuat satu scene video di tengah perjalanan pulang.



Survey hari kesepuluh

Day 11


Hari kesebelas Kareumbi Operation, tanggal 29 Mei 2014, seharusnya membuat Mad Geodet kembali bergerak ke lapangan untuk kembali melakukan pengukuran untuk pemenuhan data ukuran yang kurang yang diperlukan tim penyajian peta.

Namun, kondisi Mad Geodet tidak sefit biasanya. Selain itu, badan yang mulai enggan bergerak apalagi daerah yang akan diukur pada hari itu lebih ekstrim dari sebelumnya berdasarkan briefing malam sebelumnya. Selain itu, ketua kelompok tiga menganjurkan Mad Geodet tidak ikut serta dalam pengukuran hari itu. Selain itu (lagi), Mad Geodet masih harus memasukkan data ukuran detail ke file excel.

Intinya empat alasan tersebut yang membuat Mad Geodet tidak pergi ke lapangan hari itu.

Pagi hari kesebelas

Tidak pergi ke lapangan tidak membuat Mad Geodet bebas dari tugas. Tidak pula scene dapat dibuat pada hari itu. Proses memasukkan data ukuran tambahan yang semakin banyak dari data ukuran hari hari sebelumnya dan hari itu terus dilakukan Mad Geodet seorang. Tentu saja data yang dimasukkan Mad Geodet adalah data kelompok tiga saja. Tapi tetap saja, wilayah pengukuran detail kelompok tergolong satu yang terbesar dibanding kelompok yang lainnya.

Hanya saja, di sela-sela kesibukan tersebut, ketika menunggu kelompok tiga yang pergi ke lapangan pulang ke basecamp, Mad Geodet dapat merasakan hiburan dari anime yang ada di laptop Mad Geodet.

Malamnya saat briefing seperti biasa, didapatkan kesimpulan bahwa kelompok tiga tidak perlu menambah data ukuran detail lagi karena titik detail yang diukur sudah tersebar merasa. Saat itu, Mad Geodet kembali fit dan merasa bebas dari tugas lagi.

Hari-hari yang menyenangkan di Kareumbi baru saja dimulai !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar